Kolaborasi Cina dan Yogyakarta Untuk Tarik Wisatawan

Selasa, 2 Desember 2008 | 15:38 WIB

YOGYAKARTA, SELASA — China mengajak Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bekerja sama di bidang pariwisata, kebudayaan, dan perdagangan untuk mempererat hubungan kedua negara, Indonesia, khususnya DIY, dan China.
   
Hal itu terungkap dalam pertemuan Duta Besar China untuk Indonesia Zhang Qiyue dan Wakil Gubernur (Wagub) DIY Paku Alam IX di Kepatihan Yogyakarta, Selasa (2/12). Zhang Qiyue menyatakan, sebagai dubes baru dirinya ingin melanjutkan hubungan baik yang sudah terjalin selama ini antara Indonesia dan China. “Hubungan bilateral kedua negara pada masa mendatang diharapkan lebih erat dan lebih berkembang,” ujarnya.
   
Khusus kerja sama di bidang pariwisata pihaknya akan mencoba mendorong masyarakat China untuk berkunjung ke Yogyakarta, sedangkan di sektor perdagangan akan membantu merekomendasikan para pengusaha China menanamkan investasinya ke DIY.
    
Sementara itu, Wagub DIY Paku Alam IX mengatakan, hubungan perdagangan, pariwisata, dan kebudayaan antara Indonesia, khususnya DIY, dan China hendaknya dapat ditingkatkan lagi karena banyak potensi DIY yang bisa dijual ke China.
    
Misalnya bidang pariwisata, jika sudah terjalin kerja sama yang baik, akan mampu menarik minat wisatawan China berkunjung ke Yogyakarta Paku Alam IX kemudian menawarkan kerja sama dalam bentuk sister city atau sister province karena hingga saat ini antara DIY dan China belum ada kerja sama seperti itu.
    
“Untuk menunjang rencana itu, saat ini sudah ada penerbangan langsung dari Yogyakarta ke luar negeri, seperti ke Malaysia, dan mulai 16 Desember akan dibuka jalur penerbangan Yogyakarta-Singapura,” ujarnya.
   
Pemerintah Provinsi DIY ke depan juga akan mengembangkan Bandara Adisutjipto agar semua maskapai penerbangan dari berbagai negara dapat terbang ke Yogyakarta.

MBK
Sumber : Antara

 

Tinggalkan komentar

Filed under Berita MICE

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s