HOTEL SAVOY HOMAN BIDAKARA

Tak ada yang mengetahui persis kapan hotel ini berdiri. Pastinya dari berbagai sumber yang ada disebutkan hotel ini sudah berdiri sebelum tahun 1888. Dimiliki oleh A. Homan seorang imigran berkebangsaan Jerman yang merantau di tanah Priangan sekitar tahun 1870. Awal tahun 1937 hingga 1939, hotel yang terletak di kawasan bersejarah kota Bandung itu direnovasi. Ketika menjelang kemerdekaan RI, Hotel ini sempat dijadikan markas Palang Merah Internasional. Meski Indonesia telah merdeka, hotel ini masih tetap dikelola oleh seorang Belanda bernama Mrs. Van Es de Brink. Sampai tahun 1952 kepemilikan sepenuhnya dipegang oleh orang Indonesia yaitu RHM Saddak.

savoy1Pada masa Saddak, sekitar tahun 1960 – 1970, hotel ini menjadi tempat pelatihan karyawan hotel seluruh Indonesia. Di tangan Saddaklah Savoy menjadi salah satu hotel terbesar di Asia Tenggara setelah sebelumnya pernah digunakan untuk tempat menginap para delegasi Konferensi Asia Afrika di Gedung Merdeka tahun 1955. Pada tahun 1987, Saddak menjual hotel ini kepada H.E.K Ruchiyat yang tak lain adalah pemilik Hotel Panghegar sehingga namanya menjadi ‘Savoy Homann Panghegar Heritage Hotel’. Baru pada tahun 1989, hotel ini resmi menyandang predikat bintang empat.

Krisis moneter tahun 1997 membuat pemiliknya harus berbagi investasi dengan pihak lain sehingga dijualah Savoy kepada Bidakara Foundation. Lantaran itulah sejak tahun 2000, nama Panghegar dihilangkan berganti menjadi Savoy Homan Bidakara Hotel dan semakin mantap mengukuhkan dirinya sebagai hotel MICE. Berbagai pertemuan dan konferensi telah digelar di sni. Belum lama sekitar Agustus 2008 lalu, hotel ini menjadi tempat pertemuan International Board Meeting untuk International Olympiade on Astronomy and Astrophysics (IOAA) ke-2 yang diikuti peserta dari 24 negara.

FASILITAS

· 17 ruang meeting berkapasitas 10 hingga 2.000 orang.

· Free internet access khusus untuk tamu yang menginap

· 185 kamar

· Pusat bisnis

· Arena olah raga : fitness centre, kolam renang,

· Ruang bermain untuk anak-anak (games room)

· Bar dan restoran, garden restaurant

Jl Asia Afrika 112, Bandung

T : (+62-22) 4232244

F : (+62-22) 4236187

Tinggalkan komentar

Filed under Hotel MICE

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s