Melbourne Convention and Exhibition Centre (MCEC) Raih Penghargaan

Lagi, Melbourne Convention and Exhibition Centre (MCEC), mencetak prestasi setelah sebelumnya di bulan Mei 2008, gedung pameran dan konvensi yang terletak di sebelah selatan Sungai Yarra dinobatkan oleh GBCA (Green Building Council of Australia) sebagai “The 6 Star Green Star Environmental”. Sebuah prestasi yang sangat bergengsi karena sebagai convention centre, MCEC lah yang pertama di dunia yang berkesempatan meraihnya.

Masih di tahun yang sama, tepatnya September 2008, MCEC kembali mendulang pernghargaan sebagai convention centre yang memiliki manajemen dengan performa excellent. Tidak tanggung-tanggung, AIPC (International Association of Congress Centre) yang beranggotakan lebih dari 49 negara ini langsung memberikannya predikat gold sebagai bentuk pencapaian yang mendekati sempurna. Penghargaan ini lagi-lagi yang pertama kalinya disandang untuk sekelas convention centre yang ada di seluruh dunia.

Ada 10 kriteria penilaian manajemen yang menjadi acuan AIPC Quality standard yaitu pelayanan terhadap klien, kualitas dari fasilitas dan pengelolaan yang professional, hubungan dengan karyawannya, kesehatan, keamanan dan kenyamanan, kecepatan dalam merespon keadaan darurat, keadaan keuangan, hubungan dengan masyarakat sekitar, kepedulian terhadap lingkungan alama, juga aspek hubungan dengan pemain di industrinya dan para supplier yang mendukung aktivitas MICE.

Pemerintah bagian Victoria yang memilki gedung seluas 100 ribu m2 ini memang pantas berbangga. Setidaknya ini menjadi buah keberhasilan dari kepedulian yang begitu tinggi dari pemerintah di sana untuk menjadikan Melbourne sebagai tujuan wisata MICE berkelas dunia. Tak usah khawatir dengan investasi besar demi mewujudkan sebuah mimpi yang juga besar. Terbukti Investasi sebesar 1,4 Miliar dolar Ausralia pun kini tengah berbuah manis. Bagaimana dengan gedung convention kita ? sepertinya gedung-gedung pertemuan di Indonesia harus banyak belajar dari MCEC.

Tinggalkan komentar

Filed under Berita MICE

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s