Iperkahri Gelar Tarawih Keliling Hotel

Untuk mempererat silahturahim antar karyawan muslim Hotel, Ikatan Pembina Rohani Karyawan Hotel dan Restoran Indonesia (Iperkahri) selama bulan Ramadhan menggelar salat tarawih dan ceramah agama (taushiyah) untuk karyawan dan masyarakat umum di hotel bintang 4 dan 5 di Jakarta. Dari 60 hotel di DKI yang menjadi anggota Iperkahri, hanya 10 hotel yang ditetapkan sebagai tempat penyelenggaraan. Pemilihan ini berdasarkan dari kesediaan hotel yang bersangkutan dan waktu penyelenggaraan yang memang hanya dapat dilaksanakan tiga kali dalam seminggu selama sebulan. Kesepuluh hotel tersebut adalah Hotel Sari Pan Pasific, Hotel Bumi Karsa-Bidakara, Hotel Crown, Kartika Chandra, Hotel Sultan, Hotel Ambara, Hotel Haris-Sahardjo, Grand Tropical Hotel dan Granc Cempaka.

Uniknya, penyelenggaraan salat Tarawih tidak dilaksanakan di mesjid dalam hotel melainkan di ballroomnya. Alasannya bukan karena mesjid tidak dapat menampung sekitar lebih dari 200 jamaah, melainkan menurut Rusli W. Permana, ketua Iperkahri DKI Jakarta, dimaksudkan untuk mengeliminasi citra negatif sebagian masyarakat terhadap hotel yang dipandang jauh dari unsur moral agama. Untuk penggunaan ball room pun sama sakali tidak dikenakan charge. “ Ini murni fungsi social dari hotel tersebut,” tandas Rusli.

Sebelum pelaksanaan tarawih, Iperkahri memfasilitasi hotel yang bersangkutan dengan mengundang sekitar 25 anak yatim binaan hotel atau sejumlah yayasan untuk buka puasa bersama dan pemberian hadiah berupa bingkisan dan uang.

Sebagai wadah pembinaan ruhani dan peningkatan kualitas karyawan hotel dan restoran, sejak 1982 Iperkahri aktif melakukan berbagai kegiatan baik yang bersifat agamis maupun umum. Seperti pengajian lepas kerja, kursus khotif, kursus protocol dan MC, kursus bahasa Arab, dan kegiatan social lainnya. Untuk penyelenggaraan semuanya dilakukan di ruang-ruang meeting hotel dan hanya dikenakan charge untuk coffee break dan makan.

Tinggalkan komentar

Filed under Berita MICE

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s